Minggu, 24 Mei 2015

Varanus Salvator Monster Peliharaan

   Di telinga kita Varanus Salvator masih belum terdengar familiar. Akan tetapi siapa sangka hewan dari kelas Reptilia ini bisa menjadi peliharaan unik yang bisa menjadi teman main kita sehari-hari. Varanus Salvator atau yang sering kita sebut biawak adalah jenis kadal terbesar di Indonesia.
Binatang karnivora ini panjangnya bisa mencapai 2 m lebih dengan berat badan melebihi 25 kg.

Untuk kali ini saya membahas reptil karena hewan ini dipelihara juga oleh sebagian langganan pembeli tikus putih saya.





   Salva yang satu ini adalah jenis pemangsa daging atau karnivora. Tampilannya yang garang akan membuat merinding bagi mereka yang takut pada hewan buas. Tapi jangan khawatir walaupun tampilannya galak seperti monster yang biasanya muncul di film Ultraman, hewan ini sudah dijinakkan oleh pemiliknya. Berkat ketelatenan dari tuannya, biawak ini menjadi sangat patuh hingga tidak buas lagi. Tidak semua orang bisa melakukan hal itu dengan mudah dibutuhkan teknik khusus untuk menghandlenya apabila tidak berhati-hati pasti akan fatal. Seperti pengalaman saya ini saat pertama kali menghandle peliharaan ini apalagi karena berasal dari alam liar saya harus rela tangan saya terluka sedikit karena gigitan salva ini. Namun sedikitpun saya tidak merasa jera karena sudah menjadi hobi yang dia tekuni.

  Dari berbagai jenis salva banyak sekali jenis salva antara lain yaitu, Salva Sumatra, Salva Jawa, dan Salva Sumbawa. Yang membedakannya adalah motif dari salva itu sendiri. Tiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Karena saat ini saya akan berbagi tips saja cara menghandle v.salva, namun hal ini tidak diperlukan jika v.salva yang anda miliki sudah memiliki karakter yang sudah jinak

Tips menghandle varanus salvator

1.Merendam v.salva anda di dalam air
Hewan yang satu ini memang berhabitat asli di daerah yang basah, tidak jarang kita sering menemuinya di selokan juga di sekitar kita. Untuk membuat dia beradaptasi dilingkungan kita, kita harus merendam hewan ini saat kita baru saja memilikinya, ingat saat perendaman kita harus mengawasi karena hewan ini baru saja berada di tempat kita dan butuh waktu untuk beradaptasi.

2.Mengkarantina v.salva anda di tempat yang sunyi
Saat baru mendapatkan v.salva pasti hal pertama di benak kita adalah menyediakan kandang, sediakan kandang dari kontainer yang di beri lubang disekitar kanan kiri kontainer. Setelah dimasukan kedalam kandang, taruhlah v.salva anda ditempat yang sunyi dan gelap selama 1 hari.
 
3.Pemberian pakan yang tepat
Untuk beberapa hari setelah dikarantina barulah kita memberinya makanan. Satu lagi kebiasaan pemula yang harus dihindari adalah kontak langsung v.salva anda dari jari anda. Makanan yang cocok untuk pertama kali bagi v.salva anda adalah jangkrik untuk v.salva yang berukuran kecil atau tikus putuh untuk v.salva anda yang berukuran besar

4.Kontak langsung untuk membuat salva anda nyaman dengan anda


Untuk kontak langsung ini pastikan dulu v.salva anda harus mau makan dulu satu hari sebelum anada ingin menajak v.salva anda bermain main. tentunya tidak mudah menjinakan monster ini tp jika anda melihat komunitas pecinta reptil anda akan terkesima melihat monster monster ini ada di antara mereka.
 
Terima kasih karena sudah membaca artikel saya
saya akan perjelas penjelasan jenis jenis varanus yang ada di indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar